Tipe-tipe Mikrokontroller

Mikrokontroller ATMEL
Mikrokontroller Atmel dapat dikatakan sebagai mikrokontroller terlaris dan termurah saat ini. Chip mikrokontroller ini dapat deprogram menggunakan port parallel dan serial. Selain itu, dapat beroperasi hanya dengan 1 chip dan beberapa komponen dasar seperti kristal, resistor, dan kapasitor.
Mikrokontroller tipe Atmel AT89S52 termasuk dalam keluarga Mcs51, merupakan suatu mikrokontroller CMOS 8-bit dengan daya rendah, kemampuan tinggi, memiliki 8 kilobyte Flas programmable and Erasable Read Only Memory (PEROM).
Perangkat ini dibuat menggunkan teknologi memori nonvolatile (tidak kehilangan data bila kehilangan daya listrik). Set instruksi dan kaki keluaran adalah mikrokontroller yang sangat bagus dan fleksibel dengan harga yang rendah untuk banyak aplikasi system kendali.

Fasilitas yang terdapat dalam AT89S52, antara lain :
  1. sesuai dengan produk Mcs-51.
  2. Terdapat memori flas yang terintegrasi dalam system, dan dapat ditulis ulang sebanyak 1000 kali.
  3. Beroperasi pada frekuensi 0 sampai 24 MHz.
  4. Tiga tingkat kunci memori program.
  5. Memiliki 256 x 8 bit RAM internal.
  6. Terdapat 32 jalur masukkan/keluaran terprogram.
  7. Tiga pewaktu/pencacah 6 bit (untuk 52) dan dua pewaktu/pencacah 16 bit (untuk 51).
  8. Delapan sumber interupsi untuk 52 dan enam untuk 51.
  9. Kanal serial terprogram.
  10. Mode daya rendah dan mode daya mati..

Mikrokontroller PIC
PIC adalah keluarga mikrokontroller tipe RISC buatan Micrichip Technology. Bersumber dari PIC 1650 yang dibuat oleh devisi Mikroelekronika General Instrumen. Teknologi Micrichip tidak menggunakan PIC sebagai akronim, melainkan nama brandnyaialah PIC micro. Hal ini karena PIC singkata dari Pheriperal Interace Controller. Tetapi general instrument mempunyai akronim PIC1650 sebagai programmable Intelligent Computer.
Pada awalnya PIC dibuat menggunakan teknologi general instrument 16 bit CPU yaitu CPU1600. bit PIC dibuat pertama kali 1975 untuk menigkatkan performa system penigkatkan pada I/O. saat ini PIC telah dilengkapi dengan EPROM dan komunikasi serial, UAT, kernel control motor, serta memori program dari 512 word hingga 32 word. 1 word disini sama dengan 1 instruksi bahasa assembly yang bervariasi dari 12 hingga 16 bit, tergantung dari tipe PIC micro tersebut.

Maxim
Maxim merupakan salah satu produsen chip yang focus pada komponen digital dan komunikasi seperti mikrokontroller, akuisasi data dan komponen RF (radio frekuensi). Maxim cukup inovatif dengan meluncurkan mikrokontroller yang mendukung jaringan computer antar lain 80C400 dengan kecepatan tinggi. Beberapa chip mikrokontroller juga mendukung penggunaan compiler C, macro assemblers, real-time kernels, debuggers, simulator pada lingkungan IDE (Interface Design Environment) yang bagus.

Tidak ada komentar: