Customize desktop pada RedHat

Untuk desktop customize pada RedHat langkah pertama yang harus kita lakukan adalah klik Preference / Control Center. Setelah kita klik Control center kita akan masuk dimenu-menu seperti yang ada pada windows. Setelah masuk control center pilih menu mouse dengan klik dua kali. Dalam menu mouse ini anda bisa mengganti fungsi maouse yang biasanya anda sering gunakan klik kiri untuk enter tapi dalam menu ini anda bias menggantinya dengan tombol sebelah kanan. Setelah itu anda bisa memilih kecepatan double lik anda sesuai dengan yang anda ingimgkan dengan cara menggeser kearah kiri/kanan sesuai keinginan anda.

Jika anda ingin mengganti kursor,klik kursor.setelah itu anda bisa memilih jenis kursor yang anda inginkan. Jika anda mengalami kesulitan pilih pilih show position of cursor pada locasi pointer.

Untuk mempercepat kecepatan mousemu, pilih menu motion. Disini anda bisa mengatur kecepatan maouse anda sesuai dengan keinginan anda dengan cara mengeser-geser pada menu acceleration tapi anda tidak bisa memindah menu drag dan drop sebelum anda mengatur distance pada untuk memindah kursor anda. Setelah itu tekan close.

Untuk mengatur appeareance pada windows, double klik pada icon theme. Pada meu theme preference anda bisa memilih theme yang anda inginkan. Tekan detail jika anda ingin mengetahui detail theme yang anda pilih. Setelah masuk pada theme details pilih menu control, disini anda bisa melihat style-style yang ada pada komputermu. Klii “Window Border” jika anda ingin melihat style-style yang ada pada computer anda. Jika anda sudah menemuka theme yang anda inginkan klik tombol “Instal theme”. Jika anda ingin mengganti dengan icon iyang beru anda tinggal Tekan icon pada tabel setelah itu tekan “Instal theme”. Atau tekan “Go to theme folder” jika anda mempuyai icon-icon yang anda simpan di folder. Setelah itu tekan tombol close. Kemudian tekan “Install theme” untuk menginstal theme yang baru.after that anda masuk pada menu location of theme, dimana lokasi theme yang akan di install. Setelah lokasi instal theme anda tentukan, tekan tombol Instal.

Untuk mengatur wallpaper baru pada desktop anda,double klik pada icon Background. Tekan tombol select gambar pada background preference. Setelah anda klik pada tombol select anda akan masuk menu background, disini anda bisa memilih gambar untuk background,setelah anda memilih gambar tekan Ok. Kemudian pilih picture option, disini anda bisa memilih background style, anda juga bisa memilih warna yang anda inginkan pada menu top dan bottom. Kemudian tekan close.(Walpaper baru telah terbentuk).

Jika anda ingin mengatur screensaver,double klik screensaver, kemudian klik Display Mode, setelah anda klik display mode pilih model screensaver pada list yang anda inginkan. Disini juga anda bisa mengatur waktu kapan screensaver anda aktif kemudian anda juga bisa mengatur berapa lama screensaver anda aktif. Jika anda ingin mengunci screensaver anda klik pada lock screen ater checkbox, setelah itu screensaver anda akan terkunci dan anda membutuhkan password untuk login pada screensaver anda. Jika anda ingin mengathui bagaimana screensaver anda klik preview atau tekan setting untuk configurati screensaver anda. Secara tidak langsung password Pada system linuk yang anda punyai berubah.

Pada control center anda juga bisa mengatur accessibility, File types and programs, Font, Keyboard, Keyboard shortcuts, Menus & Toolbars, Sound, Windows. Font digunakan untuk mengganti font-font yang akan digunakan pada desktop. Keyboard digunkan untuk mengatur ulang kecepatan kursor. Keyboard shortcuts digunkan untuk mengatur keyboard pada desktop anda. Menus & Toolbars digunkan untuk mengatur aplicasi menu-menu apda desktop. Sound digunakan untuk mengatur besar volume saound pada desktop anda. Windows digunkan untuk mengatur jalannya windows yang telah dipilih.

Untuk menambah item pada desktop taskbar, klik kanan pada taskbar lalu pilih “Add to Panel”. Kemudian pilih item yang anda inginkan. Setelah item anda klik, item baru akan langsung muncul pada taskbar.
Untuk remove item pada taskbar, klik kanan pada pada item kemudian tekan “Remove From Panel”, setelah itu item akan removed.

Tidak ada komentar: