Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

Perlunya ISBD sebagai mata kuliah kepribadian dasar keilmuan, etik dan estetik dalam kaitannya dengan wawasan berpikir keilmuan dan kemasyrakatan.
ISBD sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat dikarenakan dengan adanya ISBD ini kita bisa memahami kondisi sosial dan budaya indonesia. Kenapa demikian karena system social dan budaya masyarakat indonesia bersifat heterogen. Karena masyarakat indonesia yang bersifat heterogen ini menyebabkan masyarakat yang rawan akan konflik karena perbedaan karakter dan cara berpikir (adat istiadat) dari masing-masing masyarakat, hal inilah yang meyebabkan seringnya terjadi konflik. Seperti yang terjadi saat ini di indonesia khususnya banyak sekali terjadi konflik-konflik antar suku, misalnya kasus ambon dan timika di papua.
Indonesia juga merupakan negara yang mempunyai susunan masyarakat dengan ciri Pluralitas yang tinggi.
enyebab pluralitas ini disebabkan oleh :
berbedanya keadaan geografis dalam masyarakat.
perbedaan iklim efek dari berbedanya iklim ini mengakibatkan plural secara regional.
Oleh hal itulah ISBD sangat diperlukan sebagai penyeimbang dalam tatanan kehidupan masyrakat yang mempunyai nilai etik dan estetika yang tinggi. Dengan ISBD ini kita bisa menumbuhkan jiwa sosialis yang tinggi terhadap sesama.

Apakah system social dan system budaya dalam masyarakat berubah dan berkembang mengikuti perkembangan zaman ?
iya,
Karena dengan perkembangan zaman yang semakin modern dan maju dan banyaknya pula teknologi yang berkembang secara tidak langsung akan mempengaruhi sistem sosial dan sistem budaya, karena kadua sistem ini sangat berkaitan erat (sistem sosial memelihara sistem budaya). Maksudnya disini adalah perubahan-perubahan sosial dan kebudayaan mempunyai satu aspek yang sama yaitu keduanya saling bersangkut-paut dengan suatu penerimaan cara baru atau suatu perbaikan dalam cara suatu masyrakat memenuhi kebutuhannya. Garis pemisah perubahan sistem sosial dan sistem budaya sangat sulit untun dibedakan. Misalnya perubahan dalam model pakaian atau kesenian, perubahan tersebut dapat terjadi tanpa mempengaruhi lembaga kemasyarakatan atau sistem sosial. Suatu perubahan sosial dalam kehidupan tertentu tidak mungkin berhenti pada satu titik, karena perubahan di bidang lain akan mengikutinya
Selain mengikuti perkembangan zaman perubahan sosial dan budaya ini dapat juga disebabkan oleh adanya pertambahan penduduk, dengan bertambahnya penduduk yang sangat cepat menyebabkan perubahan dalam struktur masyarakat.
Penemuan baru atau munculnya teknologi baru, dengan munculnya teknologi baru akan memunculkan suatu budaya baru, baik berupa alat atau berupa gagasan yang diciptakan oleh seorang individu. Dengan diakuinya dan diterima suatu penemuan yang baru serta diterapkannya penemuan baru secara tidak langsung unsur kebudayaan daerah akan terkikis dengan perlahan.

Tidak ada komentar: